Kawasaki
SEJARAH MOTOR KAWASAKI
Kawasaki
memang dikenal sebagai perusahaan pembuat kapal, lokomotive, pesawat,
motor dan misil. Tahun 1878 Shozo Kawasaki mendirikan Kawasaki di Tokyo
sebagai perusahaan pembuat kapal. Tahun 1881 Kawasaki Hyogo Shipyard,
Kawasaki Hyogo Shipyard berdiri di Hyogo, dan di tahun 1896 merger
dengan Tsukigi Shipyard dan membentuk Kawasaki Shipyard Corp. Selama
Perang Dunia II, Kawasaki memproduksi kapal selam dan supertanker.
Setelah perang Dunia II, pihak Sekutu memisahkan divisi pembuat baja
Kawasaki dan menjadi Kawasaki Steel Corporation. Di tahun 1949, Kawasaki
memutuskan untuk memasuki industri motor dengan memproduksi engine
motor.
Kawasaki membuat motor 60cc 2 stroke,
dan juga 150cc dan 250cc 4 stroke dengan mengadopsi teknologi BMW
Jerman, dimana dulunya telah mempunyai kerjasama dengan BMW di bidang
industri pesawat terbang. Tahun 1954, Kawasaki Motorcycles memproduksi
motor utuh dengan nama Meihatsu. Pada sat yang bersama kawasaki juga
memproduksi scooter, namun mereka sadar bahwa agak berat untuk bersaing
dengan ‘giant’ industry scooter saat itu Fuji Rabbit dan Mitshubishi
Silver Pigeon.
Sejarah Kawasaki Motor sendiri nggak
bisa dipisahkan dengan Meguro Motorcycles. Meguro ini di Jepang dikenal
sebagai “Senior” dibandingkan Honda, Yamaha dan Suzuki dan dianggap
sebagai “King of Four Stroke”. Meguro memasuki industri motor Jepang di
tahun 1937, dan mempunyai hubungan yang baik dengan pemerintah dan
menerima order yang banyak terutama untuk kebutuhan militer. Motornya
pertama adalah Z97, 500cc rocker-valve yang dipengaruhi oleh motor Swiss
Motosacoche. Motor ini cukup sukses dan terus diproduksi sampai tahun
1950-an. Disamping itu, Meguro juga memproduksi 250cc dan 350cc, single
cylinder sebagaimana juga high performance twin cylinder. Twin Cylinder
650cc dan 500cc pun dibuat oleh Meguro dan pantaslah dianggap sebagai
senior karena tahun segitu sudah berat-berat buatannya. Di tahun 1960,
Meguro diakusisi oleh Kawasaki dan ditahun 1962 menjadi Kawasaki
Motorcycles.
Tau kan Kawasaki,
motor yang sudah ada di Indonesia sejak 1970-an. KH250, gak banyak
keterangan yang empunya blog tau soal motor ini, tapi pasti performanya
menakutkan, bayangkan aja mesin 2 tak 250cc, 3 silider tapi, kalau nyebut Kawasaki pasti yang ada dibenak sampeyan ya Kawasaki Ninja, KLX, atau bahkan Binter Merzy alias si KZ200 , ngomong-ngomong Kawasaki Binter Merzy itu sempet digadang2 jadi motor nasional lho
, cuma entah kenapa, PT Bintang Terang, ATPM Kawasaki di Indonesia
tutup tahun 1986. Mungkin salah manajemen atau mungkin boss-nya, Edi
Tanzil (yang sering diplesetkan jadi Edi Kancil ) jiong ama petinggi negara, ah bodo amat
Kawasaki
didirikan oleh Shonzo Kawasaki, tahun 1878, di Tokyo, jadi bukan di
kota Kawasaki di Jepang sono, bahkan nama Kawasaki ga ada kaitannya sama
kota Kawasaki apalagi kota Sidoarjo . Ceritanya Shonzo Kawasaki
adalah seorang juragan yang sebel karena kapalnya bolak balik karam.
Akhirnya Opa Shonzo move on dari kapal ala Jepang jadi kapal besi-nya
orang Barat yang terbukti lebih kuat. Tahun 1878, dibantu oleh temen
sak-kampungnya yang pas itu jadi pejabat di kerjaaan, Shonzo dapet
pinjeman tanah pinggir kali yang bisa jadi pabrik kapal. Mungkin kaisar
Meiji seneng, kan pas itu jamannya Restorasi Meiji atau bisa disebut
per-modern-annya Jepang. Dengan dibangunnya galangan kapal ala barat,
berati Jepang tambah modern.
Galangan kapal Shonzo Kawasaki berkembang pesat, bahkan habis Shonzo kawasaki tutup umur tahun 1912, karena sakit. Ya jujur ane ga yakin kalau Shonzo meninggalnya karena kelep sama Titanic yang juga tenggelam tahun 1912 . Pada masa perang negara api dan Avatar Aang dunia dua, Kawasaki juga membuat pesawat terbang dan kapal selam.
Di tempat lain, ada juga pabrik motor pertama di Jepang, namanya Meguro. Jadi kalau saya pernah bilang di sini, kalau Honda itu motor jepang pertama, saya mohon maaf dan saya ralat ndek sini . Tapi betulnya definisi sepeda motor di Jepang pas itu agak bingugi, soalnya Daihatsu dan Mazda sebelumnya juga buat sepeda motor roda 3 (modelnya kayak sepeda galon-nya Fukuda dan Viar). Kalau Meguro memang jelas-jelas buat motor, tapi sepeda motornya gaya gayaLinggis Inggris. Kalau motor ala Jepang yang Jepang banget jelas Honda yang pertama. Hmm… bingung sendiri ane hehehe
Contoh motor meguro yang ngetop adalah Meguro Z97, yang pertama keluar tahun 1937 mesinnya 500cc ketularan motor Swiss. Z97 juga dipakai untuk kebutuhan militer. Entah tentara Jepang bawa Meguro Z97 pas mampir ke Indonesia atau ga? Mungkin bawa terus udah dipulangi ke Jepang semua, atau beneran ga bawa. Ahh auk ah gelap . Oh ya buat sipil, Meguro Z97 juga laris lho, terbukti umurnya lumayan panjang, diproduksi 13 tahun (1937-1950)
Galangan kapal Shonzo Kawasaki berkembang pesat, bahkan habis Shonzo kawasaki tutup umur tahun 1912, karena sakit. Ya jujur ane ga yakin kalau Shonzo meninggalnya karena kelep sama Titanic yang juga tenggelam tahun 1912 . Pada masa perang negara api dan Avatar Aang dunia dua, Kawasaki juga membuat pesawat terbang dan kapal selam.
Di tempat lain, ada juga pabrik motor pertama di Jepang, namanya Meguro. Jadi kalau saya pernah bilang di sini, kalau Honda itu motor jepang pertama, saya mohon maaf dan saya ralat ndek sini . Tapi betulnya definisi sepeda motor di Jepang pas itu agak bingugi, soalnya Daihatsu dan Mazda sebelumnya juga buat sepeda motor roda 3 (modelnya kayak sepeda galon-nya Fukuda dan Viar). Kalau Meguro memang jelas-jelas buat motor, tapi sepeda motornya gaya gaya
Contoh motor meguro yang ngetop adalah Meguro Z97, yang pertama keluar tahun 1937 mesinnya 500cc ketularan motor Swiss. Z97 juga dipakai untuk kebutuhan militer. Entah tentara Jepang bawa Meguro Z97 pas mampir ke Indonesia atau ga? Mungkin bawa terus udah dipulangi ke Jepang semua, atau beneran ga bawa. Ahh auk ah gelap . Oh ya buat sipil, Meguro Z97 juga laris lho, terbukti umurnya lumayan panjang, diproduksi 13 tahun (1937-1950)
Disamping itu, Meguro juga memproduksi
250cc dan 350cc, single cylinder sebagaimana juga high performance twin
cylinderz. Twin Cylinder 650cc dan 500cc pun dibuat. Hmmm… kayaknya yang
pantas berkata “Rajanya 4 tak” atau “King of 4 strokes” ya Meguro deh,
bukan Honda — mengingat teknologi dan kemampuan motor 4 taknya sama dengan motor buatan Amerika atau Eropa pada masanya.
Balik lagi ke Kawasaki
Tahun 1949, Kawasaki tertarik dengan industri sepeda motor. Kan pas tahun 1947, sepedanya Soichiro Honda yang ditempeli mesin 50cc laku keras. Kawasaki bikin motor (mesin doang gak sak sepeda motornya) 2 tak 60cc terus motor 4 tak 150cc dan 250cc. Teknologinya ketularan teknologi motor BMW Jerman yang juga kerja sama dalam pembuatan pesawat tempur Jepang pas jaman perang dunia 2 (Kan Jepang dan Jerman-nya Hitler sak kubu dalam PD II ). Kawasaki baru buat motor tahun 1954 namanya Meihatsu.
Kawasaki dengan Meihatsunya juga buat skuter (niru2) vespa , tapi kalah saingan dengan skuter buatan Mitsubishi (busyet, pabrik boil juga buat motor ). Kelihatannya skuter Mitshubishi laku poll, sampe skuter matic-nya Honda, Honda Juno juga gak umur panjang (1956-1961)
Tapi Meihatsu 125 Deluxe, yang mesinnya 125cc, walaupun cuma bisa lari 81km/jam (jaman dulu bro ), durabilitynya edan bro. 50.000 km jalan nonstop ga ada yang rusak blas . Wong kebanyakna motor sekarang, 25000 km aja kadang2 udah banyak masalahnya hehehe
Balik lagi ke Kawasaki
Tahun 1949, Kawasaki tertarik dengan industri sepeda motor. Kan pas tahun 1947, sepedanya Soichiro Honda yang ditempeli mesin 50cc laku keras. Kawasaki bikin motor (mesin doang gak sak sepeda motornya) 2 tak 60cc terus motor 4 tak 150cc dan 250cc. Teknologinya ketularan teknologi motor BMW Jerman yang juga kerja sama dalam pembuatan pesawat tempur Jepang pas jaman perang dunia 2 (Kan Jepang dan Jerman-nya Hitler sak kubu dalam PD II ). Kawasaki baru buat motor tahun 1954 namanya Meihatsu.
Kawasaki dengan Meihatsunya juga buat skuter (niru2) vespa , tapi kalah saingan dengan skuter buatan Mitsubishi (busyet, pabrik boil juga buat motor ). Kelihatannya skuter Mitshubishi laku poll, sampe skuter matic-nya Honda, Honda Juno juga gak umur panjang (1956-1961)
Tapi Meihatsu 125 Deluxe, yang mesinnya 125cc, walaupun cuma bisa lari 81km/jam (jaman dulu bro ), durabilitynya edan bro. 50.000 km jalan nonstop ga ada yang rusak blas . Wong kebanyakna motor sekarang, 25000 km aja kadang2 udah banyak masalahnya hehehe
Tahun 1960, Meihatsu yang mulai bangkrut, resmi diakusisi Kawasaki Group, terus tahun 1962, Nama Meguro diganti jadi Kawasaki . Jadi, motor Meguro belum mati, cuma ganti nama jadi Kawasaki
. Dan kawasaki yang sekarang ini ada adalah gabungan dari pengalaman
Kawasaki buat kapal, aerodinamisnya pesawat ala Jerman, sama tehnik buat
motor kenceng ala Meguro
Contoh produk pertama Kawasaki habis ngakusisi Meguro adalah Kawasaki Meguro 500, bentuknya emang kayak BSA Rondline, tapi larinya lebih edan daripada Harley Davidson 74 punyanya geng motor di Amrik pas itu. Padhal rata-rata motor milik geng motor Amrik cc-nya 750cc keatas. Wahh 500cc ngasapin 750cc. Apa gak sakti tuh. Akhirnya polisi ndek USA pesen beberapa Kawasaki Meguro buat patroli dan ngejar anak2 Hells Angels dan Geng motor lain di Amrik.
Contoh produk pertama Kawasaki habis ngakusisi Meguro adalah Kawasaki Meguro 500, bentuknya emang kayak BSA Rondline, tapi larinya lebih edan daripada Harley Davidson 74 punyanya geng motor di Amrik pas itu. Padhal rata-rata motor milik geng motor Amrik cc-nya 750cc keatas. Wahh 500cc ngasapin 750cc. Apa gak sakti tuh. Akhirnya polisi ndek USA pesen beberapa Kawasaki Meguro buat patroli dan ngejar anak2 Hells Angels dan Geng motor lain di Amrik.
Kalau soal motor
pertama Kawasaki yang masuk Indonesia, saya kurang tahu hehehe. Setahu
saya ya itu tadi, ada KH250 masuk lewat IU (Importir Umum) tahun
1970-an, terus kalau lewat ATPM resmi ya dari PT Bintar Terang-nya Edy
Tanzil lewat Binter Series (Binter Merzy, Binter KH125 – 125cc, 4 tak, 6 speed – mini chooper, ajib dah
, Binter AR125 – yang dipercaya sebagai mbah buyutnya Ninja 150 ndek
Indonesia, dan Binter GTO). Terus tutup tahun 1986, sambung lagi sama PT
Kawasaki Motor Indonesia, yang masukin Ninja 150/250, Kaze Series,
Athlete, dan Edge.
Komentar
Posting Komentar