Kawasaki

SEJARAH MOTOR KAWASAKI

Kawasaki memang dikenal sebagai perusahaan pembuat kapal, lokomotive, pesawat, motor dan misil. Tahun 1878 Shozo Kawasaki mendirikan Kawasaki di Tokyo sebagai perusahaan pembuat kapal. Tahun 1881 Kawasaki Hyogo Shipyard, Kawasaki Hyogo Shipyard berdiri di Hyogo, dan di tahun 1896 merger dengan Tsukigi Shipyard dan membentuk Kawasaki Shipyard Corp. Selama Perang Dunia II, Kawasaki memproduksi kapal selam dan supertanker. Setelah perang Dunia II, pihak Sekutu memisahkan divisi pembuat baja Kawasaki dan menjadi Kawasaki Steel Corporation. Di tahun 1949, Kawasaki memutuskan untuk memasuki industri motor dengan memproduksi engine motor.

 Kawasaki membuat motor 60cc 2 stroke, dan juga 150cc dan 250cc 4 stroke dengan mengadopsi teknologi BMW Jerman, dimana dulunya telah mempunyai kerjasama dengan BMW di bidang industri pesawat terbang. Tahun 1954, Kawasaki Motorcycles memproduksi motor utuh dengan nama Meihatsu. Pada sat yang bersama kawasaki juga memproduksi scooter, namun mereka sadar bahwa agak berat untuk bersaing dengan ‘giant’ industry scooter saat itu Fuji Rabbit dan Mitshubishi Silver Pigeon.


Sejarah Kawasaki Motor sendiri nggak bisa dipisahkan dengan Meguro Motorcycles. Meguro ini di Jepang dikenal sebagai “Senior” dibandingkan Honda, Yamaha dan Suzuki dan dianggap sebagai “King of Four Stroke”. Meguro memasuki industri motor Jepang di tahun 1937, dan mempunyai hubungan yang baik dengan pemerintah dan menerima order yang banyak terutama untuk kebutuhan militer. Motornya pertama adalah Z97, 500cc rocker-valve yang dipengaruhi oleh motor Swiss Motosacoche. Motor ini cukup sukses dan terus diproduksi sampai tahun 1950-an. Disamping itu, Meguro juga memproduksi 250cc dan 350cc, single cylinder sebagaimana juga high performance twin cylinder. Twin Cylinder 650cc dan 500cc pun dibuat oleh Meguro dan pantaslah dianggap sebagai senior karena tahun segitu sudah berat-berat buatannya. Di tahun 1960, Meguro diakusisi oleh Kawasaki dan ditahun 1962 menjadi Kawasaki Motorcycles.

Tau kan Kawasaki, motor yang sudah ada di Indonesia sejak 1970-an. KH250, gak banyak keterangan yang empunya blog tau soal motor ini, tapi pasti performanya menakutkan, bayangkan aja mesin 2 tak 250cc, 3 silider :mrgreen: tapi, kalau nyebut Kawasaki pasti yang ada dibenak sampeyan ya Kawasaki Ninja, KLX, atau bahkan Binter Merzy alias si KZ200 :D , ngomong-ngomong Kawasaki Binter Merzy itu sempet digadang2 jadi motor nasional lho :D , cuma entah kenapa, PT Bintang Terang, ATPM Kawasaki di Indonesia tutup tahun 1986. Mungkin salah manajemen atau mungkin boss-nya, Edi Tanzil (yang sering diplesetkan jadi Edi Kancil :D ) jiong ama petinggi negara, ah bodo amat :mrgreen:

Kawasaki KH250
Kawasaki didirikan oleh Shonzo Kawasaki, tahun 1878, di Tokyo, jadi bukan di kota Kawasaki di Jepang sono, bahkan nama Kawasaki ga ada kaitannya sama kota Kawasaki apalagi kota Sidoarjo :roll: . Ceritanya Shonzo Kawasaki adalah seorang juragan yang sebel karena kapalnya bolak balik karam. Akhirnya Opa Shonzo move on dari kapal ala Jepang jadi kapal besi-nya orang Barat yang terbukti lebih kuat. Tahun 1878, dibantu oleh temen sak-kampungnya yang pas itu jadi pejabat di kerjaaan, Shonzo dapet pinjeman tanah pinggir kali yang bisa jadi pabrik kapal. Mungkin kaisar Meiji seneng, kan pas itu jamannya Restorasi Meiji atau bisa disebut per-modern-annya Jepang. Dengan dibangunnya galangan kapal ala barat, berati Jepang tambah modern.
Galangan kapal Shonzo Kawasaki berkembang pesat, bahkan habis Shonzo kawasaki tutup umur tahun 1912, karena sakit. Ya jujur ane ga yakin kalau Shonzo meninggalnya karena kelep sama Titanic yang juga tenggelam tahun 1912 :mrgreen: . Pada masa perang negara api dan Avatar Aang dunia dua, Kawasaki juga membuat pesawat terbang dan kapal selam.
Di tempat lain, ada juga pabrik motor pertama di Jepang, namanya Meguro. Jadi kalau saya pernah bilang di sini, kalau Honda itu motor jepang pertama, saya mohon maaf dan saya ralat ndek sini :D . Tapi betulnya definisi sepeda motor di Jepang pas itu agak bingugi, soalnya Daihatsu dan Mazda sebelumnya juga buat sepeda motor roda 3 (modelnya kayak sepeda galon-nya Fukuda dan Viar). Kalau Meguro memang jelas-jelas buat motor, tapi sepeda motornya gaya gaya Linggis Inggris. Kalau motor ala Jepang yang Jepang banget jelas Honda yang pertama. Hmm… bingung sendiri ane hehehe :D
Contoh motor meguro yang ngetop adalah Meguro Z97, yang pertama keluar tahun 1937 mesinnya 500cc ketularan motor Swiss. Z97 juga dipakai untuk kebutuhan militer. Entah tentara Jepang bawa Meguro Z97 pas mampir ke Indonesia atau ga? Mungkin bawa terus udah dipulangi ke Jepang semua, atau beneran ga bawa. Ahh auk ah gelap :) . Oh ya buat sipil, Meguro Z97 juga laris lho, terbukti umurnya lumayan panjang, diproduksi 13 tahun (1937-1950)

Meguro Z7 – penerus Meguro Z97
Disamping itu, Meguro juga memproduksi 250cc dan 350cc, single cylinder sebagaimana juga high performance twin cylinderz. Twin Cylinder 650cc dan 500cc pun dibuat. Hmmm… kayaknya yang pantas berkata “Rajanya 4 tak” atau “King of 4 strokes” ya Meguro deh, bukan Honda :D — mengingat teknologi dan kemampuan motor 4 taknya sama dengan motor buatan Amerika atau Eropa pada masanya.
Balik lagi ke Kawasaki :D
Tahun 1949, Kawasaki tertarik dengan industri sepeda motor. Kan pas tahun 1947, sepedanya Soichiro Honda yang ditempeli mesin 50cc laku keras. Kawasaki bikin motor (mesin doang gak sak sepeda motornya) 2 tak 60cc terus motor 4 tak 150cc dan 250cc. Teknologinya ketularan teknologi motor BMW Jerman yang juga kerja sama dalam pembuatan pesawat tempur Jepang pas jaman perang dunia 2 (Kan Jepang dan Jerman-nya Hitler sak kubu dalam PD II ). Kawasaki baru buat motor tahun 1954 namanya Meihatsu.
Kawasaki dengan Meihatsunya juga buat skuter (niru2) vespa :D , tapi kalah saingan dengan skuter buatan Mitsubishi (busyet, pabrik boil juga buat motor :roll: ). Kelihatannya skuter Mitshubishi laku poll, sampe skuter matic-nya Honda, Honda Juno juga gak umur panjang (1956-1961)
Tapi Meihatsu 125 Deluxe, yang mesinnya 125cc, walaupun cuma bisa lari 81km/jam (jaman dulu bro :D ), durabilitynya edan bro. 50.000 km jalan nonstop ga ada yang rusak blas :D . Wong kebanyakna motor sekarang, 25000 km aja kadang2 udah banyak masalahnya hehehe :mrgreen:  

Meihatsu 125 Deluxe
Tahun 1960, Meihatsu yang mulai bangkrut, resmi diakusisi Kawasaki Group, terus tahun 1962, Nama Meguro diganti jadi Kawasaki :D . Jadi, motor Meguro belum mati, cuma ganti nama jadi Kawasaki :D . Dan kawasaki yang sekarang ini ada adalah gabungan dari pengalaman Kawasaki buat kapal, aerodinamisnya pesawat ala Jerman, sama tehnik buat motor kenceng ala Meguro :D
Contoh produk pertama Kawasaki habis ngakusisi Meguro adalah Kawasaki Meguro 500, bentuknya emang kayak BSA Rondline, tapi larinya lebih edan daripada Harley Davidson 74 punyanya geng motor di Amrik pas itu. Padhal rata-rata motor milik geng motor Amrik cc-nya 750cc keatas. Wahh 500cc ngasapin 750cc. Apa gak sakti tuh. Akhirnya polisi ndek USA pesen beberapa Kawasaki Meguro buat patroli dan ngejar anak2 Hells Angels dan Geng motor lain di Amrik.

Kawasaki Meguro 500
Kalau soal motor pertama Kawasaki yang masuk Indonesia, saya kurang tahu hehehe. Setahu saya ya itu tadi, ada KH250 masuk lewat IU (Importir Umum) tahun 1970-an, terus kalau lewat ATPM resmi ya dari PT Bintar Terang-nya Edy Tanzil lewat Binter Series :D (Binter Merzy, Binter KH125 – 125cc, 4 tak, 6 speed – mini chooper, ajib dah :D , Binter AR125 – yang dipercaya sebagai mbah buyutnya Ninja 150 ndek Indonesia, dan Binter GTO). Terus tutup tahun 1986, sambung lagi sama PT Kawasaki Motor Indonesia, yang masukin Ninja 150/250, Kaze Series, Athlete, dan Edge.
 

Komentar

Postingan Populer